Kabar Gembira Lagi, Google Update Meta Description Tag dari 160 Karakter menjadi 320 Karakter

InsertApps , 16 Des 2017
Kabar Gembira Lagi, Google Update Meta Description Tag dari 160 Karakter menjadi 320 Karakter
(Ilustrasi search engine)

Akhir tahun 2017, Google update meta description tag dari 160 karakter menjadi 320 karakter termasuk spasi. Dengan bertambahnya jumlah karakter ini, hasil pencarian Google memuat lebih banyak informasi dan kata kunci. Kabar gembira buat mastah SEO.

Tanggal 15 Desember 2017, hasil pencarian saya di Google, saya mendapatkan empat baris cuplikan informasi sepanjang 300 karakter lebih. Tentu ini sedikit aneh bila beberapa waktu yang lalu, hasil pencarian Google hanya dua baris kata yang berjumlah 160 karakter.

Untuk memastikan apa benar hasil pencarian Google sekarang berjumlah 320 karakter, atau mata saya yang salah. Saya pun mencoba menghitung beberapa hasil Google SERP snippet yang baru ini. Ternyata benar, jumlah karakternya lebih dari 300 karakter.

Padahal beberapa beberapa hari yang lalu, setelah upgrade theme InsertApps hasil koding sendiri, dan menulis ulang copywriting ‘site meta description’ tidak lebih dari 160 karakter, eh… Google malah menambah jumlah karakternya.

Jadi apa itu meta description tag?

Meta description tag adalah tag yang muncul di bagian <head> dalam halaman web HTML. Biasanya ditulis seperti ini:

<meta name=”description” content=”Ini adalah deskripsi dari halaman web saya.” />

Singkatnya, tag tersebut memberi informasi kepada Google dan user tentang isi halaman blog Anda. Meskipun Google tidak menggunakan tag meta deskripsi untuk tujuan pemeringkatan sebuah web, namun Google masih mem-parsingnya.

Malah Google menampilkan meta deskripsi di setiap hasil SERPs. Kadang juga Google tidak selalu menampilkan isi meta description dalam cuplikan pencarian. Mengapa? Karena Google selalu memberikan informasi yang lebih relevan kepada pengguna sesuai dengan dengan kata kunci yang dicari.

Kenapa Google menambah Meta Description hingga 320 karakter?

Pertama orang ingin informasi yang akurat. Sedangkan untuk tujuan pemasaran konten digital dan SEO marketing ada banyak hal yang dapat diolah dengan ruang yang lebih banyak. Disisi lain, cara orang berinteraksi dengan halaman web bisa sedikit berubah, cukup baca informasi dari hasil pencarian, tidak perlu lagi klik halaman web atau malah sebaliknya.

Setelah Google menambah jumlah cuplikan yang lebih deskriptif dan berguna, apakah para mastah SEO perlu segera melakukan perubahan meta deskripsi pada semua artikel blognya? Jawabannya tidak. Apalagi harus repotkan diri untuk mengedit semua meta deskripsi pada setiap posting. Kalau jumlah artikelnya sedikit saja ya, silahkan saja malah lebih bagus. Kalau artikelnya berjumlah ribuan, sebaiknya jangan.

Sebenarnya, salah satu staf Google, Danny Sullivan merekomendasikan agar Anda tidak melakukan tindakan itu. Berikut cuitan Google’s public liaison for search yang lebih lengkap:

Nah, untuk posting artikel selanjutnya, silahkan Anda bikin meta description yang lebih panjang dan tentu lebih menyenangkan bukan?. Sebentar, kalau Anda mendapatkan warning merah dari Yoast SEO karena meta description sudah lebih dari 160 karakter, abaikan saja. Saya malah uninstall plugin WordPress SEO yang dibuat Joost de Valk, programer dari Belanda ituh.[]

Tag:

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya