ATMM Aplikasi Siaga Bencana dan Wisata Tsunami Aceh

InsertApps , 04 Mar 2015
ATMM Aplikasi Siaga Bencana dan Wisata Tsunami Aceh

Aceh Tsunami Mobile Museum

Center for Integrated Area Studies (CIAS), Universitas Kyoto, Jepang telah mengembangkan aplikasi “Aceh Tsunami Mobile Museum (ATMM)” khusus Android. ATTM ini dibuat uuntuk pendidikan siaga bencana beserta renungan bencana Tsunami yang menyapu Banda Aceh 10 tahun yang lalu.

Dengan ATTM ini, menjadikan kota Banda Aceh sebagai wahana belajar mitigasi bencana alam. Situs-situs tsunami (peninggalan-peninggalan tsunami) di kota Banda Aceh di simpan dengan rapi, yaitu berupa foto-foto pasca tsunami.

Aplikasi ini menampilkan perubahan kota Banda Aceh pasca rekonstruksi selama 10 tahun setelah kejadian Tsunami, 26 Desember 2014. Dengan menggunakan teknik AR (augumented reality), potret Banda Aceh terlihat jelas pada saat pasca Tsunami dengan pemandangan dari atas melalui camera view.

Baca: Game Musium Tsunami Aceh

Apk Android Aceh Tsunami Mobile Museum (ATTM) merupakan Hasil kerjasama dengan Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC), Universitas Syiah Kuala, Indonesia.

Apk Android Aceh Tsunami Mobile Museum (ATTM) dilengkapi dengan dwibahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. So, selamat mencoba…

Anda bisa membuka tautan http://www.cias.kyoto-u.ac.jp/~yama/bosai/app_BI_atmm.html untuk mendownload app dan petunjuk instalasinya.

Tag:

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya