VRoot, Cara Mudah Root-Unroot Android Berbagai HP

InsertApps , 31 Okt 2014
VRoot, Cara Mudah Root-Unroot Android Berbagai HP

Banyak tutorial telah membahas cara mudah root Android di berbagai smartphone. Biasanya rooting Android itu ada dua cara, pertama rooting Android dengan PC, kedua root Android tampa PC. Kedua cara itu bisa dengan mudah anda temukan lewat pencarian di google.

Dari sekian banyak tutorial cara mudah root-unroot Android bertebaran di internet, kadang hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan, berharap bisa lebih optimal malah kena brick—tidak bisa digunakan sama sekali.

Pada kesempatan ini InsertApps membahas root Android dengan bantuan perangkat komputer. Kenapa harus root melalui PC? Alasanya sederhana saja, yang rooting menggunakan bantuan PC biasanya pengguna sedikit-tidanya tahu seluk beluk instalasi aplikasi dan permasalahan yang dihadapi. Sehingga resiko kena brick setelah rooting android bisa diminimalisir.

Selanjutnya harus jeli memilih software root Android untuk PC dan Mac Os. Hal ini penting sekali, karena ada banyak software rooting via PC,  tapi pilihlah software terbaru atau software yang up to date, hal ini akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan untuk root Android terbaru. Anda pengguna baru hp smartphone Android? belum tau apa itu root, kami sudah membahas Apa Itu Root pada Android?

Nah… Pilihan software root Android via komputer kali ini adalah jatuh pada software VRoot. Alasan mempercayai software buatan Tiongkok ini, karena VRoot mengklaim telah menguji coba rooting Android lebih 8000 perangkat Android terbaru seperti rooting pada perangkat Sony Xperia, Samsung Galaxy, Huawei, Asus Zenphone dan lain-lain.

VRoot merpakan aplikasi terbaru yang di release pada Juni kemarin. Alasan lain pilih app VRoot ini adalah free software alias gratis, UI ada versi bahasa Inggris tidak seperti kebanyakan app buatan tiokok lainnya, bikin aplikasi pakek bahasa Mandarin, sulit bagi kita yang tidak mengerti bahasa asing, apalagi bahasa Mandarin.

Selain itu VRoot juga juga bisa melakukan proses Unroot—proses pengembalian perangkat Android ke setting pabrikan.

Dari info resmi laman VRoot, proses rooting Android via PC ini berhasil mereka lakukan pada Os Android Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean. Belum ada keterangan resmi untuk rooting pada Android KitKat atau yang terbaru.

Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk melalukan proses rooting Android dengan VRoot, setiap pengguna komputer dengan mudah root perangkat Android hanya dengan klik satu tombol, tidak ada banyak perintah lain. Untuk lebih jelasnya mereka juga menyediakan Vidoe tutorialnya.

Sebelum melakukan proses Rooting Android dengan VRoot, sebaiknya baca 4 Alasan sebelum memutuskan root Android dan siapkan dulu alat tempur berikut ini;

  1. Komputer dengan OS Window
  2. Kabel USB untuk menghubungkan komputer dengan smartphone, sebaiknya gunakan kabel USB bawaan handphone.
  3. Install USB driver. Tidak memelukan setting CMW (Clock Work Mode)
  4. Isi daya baterai handphone Anda minimal 50% daya tahan.

Selanjutnya berikut langkah-langkah root Android dengan VRoot:

  1. Backup dulu semua data pada Smartphone sebelum memulai proses VRoot.
  2. Install aplikasi VRoot yang telah anda download.
  3. Aktifkan debuggingdengan cara berikut, pilih Developer Options –> USB Debugging.
  4. Jalankan software VRoot pada komputer Anda.
  5. Hubungkan perangkat android dengan komputer, tunggu hingga perangkat Android dideteksi oleh VRoot.
  6. Kemudian klik tombol “Root” tombol untuk memulai proses rooting.
  7. Perangkat akan reboot secara otomatis dan lakukan konfirmasikan dengan app VRoot.

Bagaimana mudah bukan? Kalau anda sudah puas dengan hasil root, dan ingin kembali ke setting awal, tinggal tekan tombol Unroot. Sayangnya app VRoot ini tidak ada versi untuk Mac Os X.

Mau coba Vroot, klik tautan VRoot for Windows.

Artikel Terkait


Tulisan Lainnya


Komentar