Kabar Gembira Firefox Terbaru bisa Langsung Screenshot Layar

InsertApps , Last updated: 11 Des 2017
Kabar Gembira Firefox Terbaru bisa Langsung Screenshot Layar

Mozilla kembali memperbaharui browser Firefox andalanya yang ke 57. Mengusung nama Firefox Quantum, Mozilla mengklain perambannya 2x lebih cepat dan 30% lebih hemat memori dibandingkan Chrome.

Tapi saya tidak terlalu menarik mambahas soal performa siapa lebih cepat, karena hal tersebut sangat dipengaruhi oleh perangkat dan kecepatan internet.

Saya lebih tertarik membahas salah satu kabar gembira dari Firefox Quantum ini adalah fitur built in screenshot. Ya, untuk urusan screen capture layar dan menyimpannya jadi lebih mudah di Firefox dan tidak perlu screenshot pihak ketika seperti Lightshoot.

Firefox Quantum Feature

Dulu untuk meng-capture layar yang artikelnya super panjang, saya perlu kerja extra print screen beberapa kali scroll ke bawah, lalu menggabungkan jadi satu halaman di Photoshop, ribet bukan?

Sebelumnya pernah melakukan screenshot full page dengan aplikasi pihak ketiga–lupa saya aplikasi apa–tapi tidak meksimal, hasilnya terputus.

Untuk pengujian fitur Firefox Screenshot ini, saya coba screenshot salah satu halaman preview WordPress theme di web site Themeforest. Preview theme Bimber itu memang super panjang, butuh satu menit scrolling baru habis sampai ke bawah.

Screenshot-from-Firefox-ScreenshotHasilnya tangkapan layar tidak sampai dari 1/4 halaman preview theme Bimber itu sendiri. (Untuk melihat hasilnya, klik gambar vertikal disamping kiri).

Tapi itu bukan berarti sebuah kekurangan dari fitur firefox screenshoot. Sekarang ini siapa sih yang mau capture halaman web sepanjang cacing pita, kecuali kalau bukan saya sendiri untuk keperluan review ini.

Sekarang ini kebutuhan screenshot hanya selebar status facebook, atau selebar tanyangan YouTube untuk keperluan meme. Atau hanya sebaris tweet atau sekotak judul halaman media mainstreen untuk perbandingan berita sebelum dan sesudah terpilih seseorang jadi presiden atau gubernur.

Untuk yang sering buat tutorial dan perlu petunjuk arah visualisasi di screenshoot, misal tanda panah merah ‘klik disini’, saya sarankan capture pakai lightshoot saja. Karena Firefox screenshot tidak ada fasiltas tersebut, atau kerana fitur baru firefox ini masih versi beta sehingga belum ada.

Untuk fitur lainya, silahkan anda coba sendiri, toh ini tidak perlu anda install, cukup upgrade ke Firefox Quantum, fitur screenshot sudah bisa anda pakai. Tinggal klik tombol page action—icon bertitik tiga disamping icon bookmark—anda sudah bisa capture apa yang anda butuh, sebaris judul, sartu kalimat qoute, full page, lalu tinggai klik download atau di pilih ‘save’. Bila anda save, hasil screenshoot bisa dishare ke media sosial. Semua tangkapan layar yang di ‘save’ akan tersimpan di ‘My Shots’ selama 14 hari.

Sebelum saya akhiri review ini, ada sesatu yang lain dengan animasi page loading firefox quantum ini, dulu animasi circle loading. Kalau proses request page, roda berputar berlawanan arah jarum jam, bila serarah jarum jam baru proses page loading.

Sekarang animasi proses loading di firefox seperti orang melihat ke kiri-kanan. Entah ini yang di maksud 2x lebih cepat dari browser sebelah, secepat melirik ke kiri-kanan, halaman InsertApps sudah terbuka.[]

Download Firefox Desktop Download Firefox Mobile

Artikel Terkait


Tulisan Lainnya


Komentar