Hyperlapse, Timelapse Fotografi di Tangan Semua Orang

InsertApps , Last updated: 14 Des 2017
Hyperlapse, Timelapse Fotografi di Tangan Semua Orang
(Ilustrasi Hyperlapse)

Sudah bosan dengan foto-foto selfie yang membanjiri feed Instagram kamu? Yuk bikin video timelapse trus posting di akun IG kamu.

Masih bingung dengan video time-lapse? Baiklahlah, InsertApps akan menjelaskan sedikit apa itu timelapse? Vidoe timelapse adalah vidoe rekaman yang berdusari panjang, yang ditampilkan dalam durasi pendek sehingga menghasilkan ilusi seolah-olah waktu berjalan super cepat.

Saat ini video time-lapse mulai marak sejak kemunculan kamera HDSLR, salah satu film yang cukup sukses dengan teknik timelapse adalah film Baraka.

Gif Time-lapse Untuk bikin vidoe timelaspse ini terbilang sulit karena musuh utama saat bikin vidoe timelapse adalah goyang dan sahabat karib vidoe timelapse adalah tripot, makanya diperlukan peralatan yang cangggih untuk satu scene, misalnya vidoe bunga lagi mekar, hal ini tentu akan menghabiskan banyak budget.

Dengan adanya app Hyperlapse yang baru saja dirilis oleh Instagram, kamu sudah bisa mem-vidoe-kan peristiwa seperti terbitnya matahari dan ditampilkan hanya dalam hitungan detik, atau vidoe saat kamu lagi landing di airport… Ciyee….

Soal waktu dan kecepatan, ada banyak pilihan kecepatan dalam aplikasi ini, misalnya merekam dengan kecepatan 6x. Artinya, rekaman yang aslinya berdurasi 60 detik, bisa ditampilkan dalam 10 detik. User bisa memilih kecepatan dari 1x hingga 12x di Hyperlapse.

A post shared by Jake Hiller (@jmayerhiller) on

Instagram menyatakan mereka menggunakan teknologi yang mempermudah pembuatan video time-lapse melalui ponsel. “Ketika kamu shooting vidoe time-lapse dengan Hyperlapse, rekaman kamu akan langsung stabil walaupun adanya guncangan saat pengambilan gambar di jalan sekalipun,” tulis Instagram di laman iTune. 

Tampa adanya fitur image stabilizer didalamnya, nihil mengahasilkan vidoe timelapse yang bagus, vidoe timelapse yang goyang bikin puyeng yang melihatnya. (Baca: Camera 360, Hasilkan Jepretan Foto yang Indah)

Inilah aplikasi pertama Instagram yang diluncurkan diluar aplikasi Instagram mereka yang diberi nama Hyperlapse, yang menempatkan timelapse fotografi di tangan semua orang. Sayangnya, aplikasi Hyperlapse baru tersedia di iOS.

Buat pengguna Android, Hyperlapse for Android belum juga di release sampai last update post terakhir. Seperti mengulang cerita Instagram aplikasi eksklusif di iPhone… Kita tunggu saja kehadiran Hyperlapse di Android.[]

Download for iPhone

Download for Android

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya