Cara Mengalihkan Website ke Domain Baru dengan .htaccess Redirect

InsertApps , Last updated: 12 Des 2017
Cara Mengalihkan Website ke Domain Baru dengan .htaccess Redirect

Pada kesempatan ini InsertApps.com tidak me-review app, melainkan mengulas sedikit tips sederhana cara me-redirect (mengalihkan) halaman website ke halaman url lain. Fungsi redirect menjadi alternatif buat Anda yang hendak memindahkan alamat website ke domain web baru tapi content websitenya masih utuh.

Secara teknis fungsi redirect yaitu ketika user membuka sebuah halaman web, secara otomatis akan di alihkan ke halaman lain atau URL baru yang kita tujukan. Dengan cara ini pengunjung tetap bisa mengakses sebuah artikel tampa broken link yang diakibatkan url-nya sudah berubah.

Ada banyak cara untuk mengalihkan sebuah web misalnya; ‘www.domain-web-lama.com’ hendak di-redirect ke website; ‘www.domain-web-baru.com’. Salah satu cara favorit kami adalah dengan .htaccess redirect, berikut caranya:

1. Pindahkan data web ‘www.domain-web-lama.com’ beserta databasenya ke web ‘www.domain-web-baru.com’
2. Masuk ke cpanel domain-web-lama.com dan create file .htaccess di dalam direktori (root) web domain-web-lama.com.
3. Insert code berikut ini; lalu save.

RewriteEngine on
RewriteRule ^(.*)$ http://www.newdomain.com/$1 [R=301,L]

www.domain-web-lama.com/url-posting-artikel-kamu/ —> www.domain-web-baru.com/url-posting-artikel-kamu/

Dengan metode ini, semua link domain-web-lama.com yang aktif maupun yang sudah di-index oleh Google juga search engine lainnya, secara otomatis url dari visitor akan di-redirect/dialihkan ke website baru.

Secara kasat mata, sepertinya tidak ada yang berubah dengan link-link artikel yang di akses, yang beda cuma url domain utama saja, url artikel masih sama begitu juga dengan contentnya, dan Anda tidak akan kehilangan index (error 404) dari Google atau mesin pencari lainnya.

Semoga tips sederhana ini bermamfaat. Jangan lupa beri rate jika masalah Anda teratasi setalah baca posting ini. Oya… Jangan lewatkan Tips Pencarian Google Yang Belum Kamu Diketahui.

Artikel Terkait


Tulisan Lainnya


Komentar